ASKEB BBLR PDF

Asuhan Kebidanan Pada Bayi Baru Lahir Dengan Asfiksia. Cargado por. SITI NUR ASIAH · Faktor Penyebab BBLR. Cargado por. SITI NUR ASIAH · BAB 1 – 3 . View presentations and documents with title Askep bayi bblr on SlideShare, the aspect-extractio /; askeb-iv-patolog -> askep-canasopari /; Askep bayi bblr. KEBIDANAN SEMARANG. All Departments · 1 Documents · 2 Researchers · BBL PATO (BBLR) bayi ny w. Bookmark. Download. by Pramudani DM · ASKEB.

Author: Mezikree Zulkitaxe
Country: Pacific Islands
Language: English (Spanish)
Genre: Education
Published (Last): 27 January 2018
Pages: 487
PDF File Size: 19.13 Mb
ePub File Size: 17.4 Mb
ISBN: 601-5-53731-195-3
Downloads: 59189
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Sataur

Resume Keperawatan Hiperbilirubin askkeb fs. Askep Hiperbilirubin Askep Hiperbilirubin. Dalam penyusunan tugas ini tentunya melibatkan berbagai pihak yang secara langsung langsung maupun maupun tidak langsung turut membantu membantu dalam terselesaikanny terselesaikannyaa asuhan kebidanan ini. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: Kes, s, sel selak aku u Pemb Pembim imbi bing ng Ins Insti titu tusi si 3.

Berb Berbag agai ai pihak pihak yang yang seca secara ra lang langsu sung ng maupu maupun n tidak tidak langs langsung ung ikut ikut memb memban antu tu terselesaikannya asuhan kebidanan ini. Kami menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu,penulis mengharapkan mengharapkan segala saran dan kritik yang membantu. Penulis Penulis berharap askbe semoga semoga asauhan kebidanan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Latar Belakang Ikteru Ikteruss terjadi terjadi apabil apabilaa askrb terdapat at akumul akumulasi asi biliru bilirubin bin dalam dalam darah. Pada seba sebagi gian an besa besarr neon neonat atus us, ikte ikteru russ akan akan dite ditemu mukan kan dalam dalam ming minggu gu pert pertam amaa kehidupannya. Dalam keadaan tersebut penatalaksanaan ikteru ikteruss harus harus dilakua dilakuakn kn sebaik sebaik-ba -baikny iknyaa agar adkeb akibat buruk buruk dari dari ikteru ikteruss dapat dapat dihindarkan.

Berdas Berdasark arkan an fakta fakta di atas atas maka maka penuli penuliss tertar tertarik ik untuk untuk membuat membuat asuhan asuhan kebidana kebidanan n pada pada BY.

Tuju Tujuan an khu khusu suss Setelah melakuakn praktik klinik, mahasisiwa dapat: Metode penulisan ini adalah data deskriptif dalam askeg studi kasus 2.

Teknik Penulisan data a. Secara garis besar, etiologi ikterus neonatorum dapat dibagi: Gangguan dalam ekskresi Dapat terjadi akibat obstruksi dalam hepar atau di luar hepar. Waktu timbulnya ikterus juga mempunyai arti penting pula dalam diagnosis dan penatalaksanaan penderita karena saat timbulnya ikterus mempunyai kaitan yang erat dengan penyebab ikterus. Komplikasi kern – uterus Intake nutrisi rendah Perubahan Nutrisi gangguan neurologis Anak tdk mau minum kejang letargy Dehidrasi Kerusakan integritas kulit E.

Penilaian Kadar Bilirubin a. Secara klinis secara Kramer Paling baik pengamatan dilakukan dalam cahaya matahari dan dengan menekan sedikit kulit yang akan diamati untuk menghilangkan warna karena pengaruh sirkulasi darah.

  JETNET 3705 PDF

Cara-cara untuk mencegah dan mengobati hiperbilirubinemia: Penyelidikan menunjukkan bahwa fenobarbital baik yang diberikan sesudah anak lahir atau diberikan pada ibunya sebelum anak lahir, dapat mencegah terjadinya ikterus fisiologik.

Mengubah bilirubin menjadi bentuk yang tidak toksik dan dapat dikeluarkan dengan sempurna melalui ginjal dan traktus digestivus yaitu melalui photo terapy Dengan penyinaran, bilirubin dipecah menjadi dypirol yang kemudian dikeluarkan melalui ginjal dan traktus digestivus. Mekanisme utama terapi sinar adalah fotoisomerisasi.

Sebaiknya dipilih sinar vblr spectrum nm, sinar UV dicegah dengan Plexiglas dan bayi jangan sampai kekurangan cairan. Ikterus yang timbul pada 24 jam pertama Pemeriksaan yang perlu dilakukan: Ikterus yang timbul sesudah 24 jam pertama Pemeriksaan bilirubin dilakukan hanya sekali selanjutnya pengawasan klinik.

Ikterus sesudah hari keempat Pemeriksaan harus ditujukan kea rah sepsis neonatorum, pielonefritis, hepatitis neonatorum, toksoplasmosis. Riwayat Kesehatan Yang Lalu Penyakit-penyakit yang diderita klien 4. Riwayat Kesehatan Sekarang Blr terkait dengan keluhan terkait dengan hiperbilirubinemia 5. Riwayat Kesehatan Keluarga Mengkaji anggota keluarga baik dari pihak ibu atau ayah yang menderita penyakit seperti kencing manis dan penyakit kuning.

Kencing manis dikaji jika ibu menderita DM sewaktu hamil bisa menyebabkan bayi terjadi hipoglikemia saat lahir yang dalam metabolisme tubuhnya mengguankan vblr anaerob yang memperberat kerja hati sehingga dapat timbul hiperbilirubinemia.

makalah asuhan kebidanan: Ten Myth About Childbirth

Riwayat Kebidanan yang Lalu Kehamilan: Riwayat nutrisi Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa nutrisi yang kurang dapat menimbulkan ikterus pada hari kehidupan bayi hal ini karena ASI askfb mendorong usus dan menyebabkan bilirubin keluar lewat feses dan urin lebih lancar. Pemeriksaan Umum Keadaan Umum: Identifikasi Diagnosa dan masalah Dx: Potensial terjadi kekurangan cairan akibat foto terapi Ds: Potensial terjadi gangguan integritas kulit akibat foto terapi Ds: Setelah menjalani terapi, ikterus berkurang atau hilang Kadar bilirubin normal yaitu Intervensi 1.

Kolaborasi untuk memberikan foto terapi R: Foto terapi menyebabkan fotooksidasi bilirubin pada jaringan subkutan sehingga meningkatkan larut air bilirubin yang memungkinkan ekskresi cepat bilirubin melalui feses dan urin sehingga kadar bilirubin tubuh berkurang 3.

Lindungi kelamin dan mata saat terapi R: Berikan hidrasi yang adekuat selama terapi R: Foto terapi memungkinkan peningkatan hilangnya air melalui evaporasi sehingga perlu hidrasi yang adekuat untuk cegah dehidrasi 5. Monitor konsentrasi kadar bilirubin setelah foto terapi R: Potensial terjadi kekurangam cairan akibat foto terapi Tujuan: Tidak terjadi dehidrasi K.

KEBIDANAN SEMARANG

Observasi tanda-tanda dehidrasi R: Peningkatan kehilangan air melalui feses dan evaporasi memungkinkan dehidrasi 3. Observasi TTV terutama suhu R: Fluktuasi perubahan suhu tubuh dapat terjadi sebagai respon terhadap pemajanan sinar radiasi dan konveksi 4.

Pemberian cairan memperbaiki atau mencegah dehidrasi berat 5. Monitor berat badan R: Berat badan merupakan parameter terjadinya ketidakseimbangan cairan dalam tubuh 2.

  ERASMUS DIN ROTTERDAM ELOGIUL NEBUNIEI PDF

askeb hiperbilirubin

Potensial terjadi gangguan integritas kulit akibat foto terapi Tujuan: Tidak terjadi gangguan integritas kulit K. Tidak terjadi perubahan pigmen kulit menjadi coklat, terbakar dan ruam Intervensi 1. Observasi tanda-tanda kerusdakan integritas kulit R: Berikan hidrasi yang sesuai R: Jaga area tetap bersih dan kering R: Dengan mempertahjankan hygiene selama terapi dapat membantu mengurangi risiko kerusakan integritas kulit IV.

Implementasi Mengacu pada intervensi V. Alasan masuk ruang perinatologi Rp. BBL gram sehingga setelah lahir langsung masuk ruang perinatologi 3. Riwayat Kesehatan yang Lalu Berdasarkan catatan rekam medik, bayi mengalami asfiksia sedang sampai tanggal 9 Desember 4. Selama hamil mengkonsumsi vitamain dan obat yang diberikan saat kunjungan hamil. Ibu periksa hamil di Bidan 5 kali.

Selam hamil ibu tudak menderita penyakit seperti penyakit kning, herpes, dan penyakit infeksi yang lain. Persalinan Persalinan tanggal 17 Desember pukul Ketuban pecah pukul Bayi diberi susu formula. Riwayat kesehatan keluarga Tidak ada keturunan kencing manis dan penyakit kuning.

Personal hygiene Bayi mandi 1 kali sehari, ganti baju dan popok tiap kali basah dan sehabis mandi. Tidak pucat, kulit wajah ikterus Hidung: Tidak ada pernapasan cuping hidung.

Tidak pucat, agak kering, kemampuan menghisap dan menelan lemah Leher: Kulit dada ikterus, putting terlihat samar, tidak ada ronchii dan wheezing Perut: Potensial terjadi gangguan integritas kulit akibat fototerapi Ds: Informasikan pada keluarga tentang kondisi bayinya dan upaya terapi yang akan diberikan R: Meningkatkan pengetahuan keluarga sehingga lebih kooperatif terhadap tindakan yang akan dilakukan 2. Peningkatan kehilangan air melalui feses dan evaporasi memungkinkan dehidrasi 2. Kolaborasi dengan tim medis untuk memberikan cairan perparenteral sesuai indikasi R: Tidak terjadi perubahan pigmen kulit menjadi coklat, terbakar dan ruam pada kulit Intervensi.

Jaga lingkungan tetap bersih dan kering R: Dengan mempertahjankan hygiene selama terapi dapat membantu mengurangi risiko kerusakan integritas kulit. Ganti popok tiap kali basah R: Hal ini jika dibiarkan dapat menimbulkan gangguan pada otak mulai dari kecacatan sampai kematian.

Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan foto terapi. Fototerapi dilaksanakan selama 24 jam mulai tanggal 12 Desember pukul Memonitor konsentrasi kadar bilirubin setelah foto terapi Masalah Potensial 1. Potensial terjadi kekurangan cairan akibat foto terapi 1. Potensial terjadi gangguan integritas kulit akibat foto terapi 1. Potensial terjadi kekurangam cairan akibat foto terapi S: Potensial terjadi gangguan integritas kulit S: Observasi bilirubin direct P: Setelah melakukan asuhan kebidanan pada By.

Adapun kesenjangan itu adalah: